Ingin Diterima Di PTN Favorit? Ini dia tips dan triknya

Wow… sampai akhir Agustus 2021, tercatat 24 siswa SMA Islam Terpadu Al Madinah diterima di PTN. Jika diprosentasekan mencapai 44% lho, berarti meningkat dari tahun kemarin dan kemarinnya lagi. Bahkan, di luar penerimaan tersebut, ada 2 siswa yang lulus tahun sebelumnya berhasil masuk PTN di tahun ini. Ingin terima di PTN juga? Apa kiat-kiatnya? Kita bahas ya… tapi kunci utamanya sebetulya adalah tangguh dan pantang menyerah mengejar cita-cita.

Mengapa harus Perguruan Tinggi Negeri ya? …

Gak harus siy sebenarnya, PTS ataupun melanjutkan study ke luar negeri juga oke. Biasanya siswa memilih PTN karena memang cita-citanya, karena ingin membahagiakan orangtua, atau karena biaya kuliah yang lebih murah. Selain itu, PTN umumnya memiliki legalitas yang cukup dapat dipercaya dibandingkan dengan PTS (ingat ya kasus ijazah palsu yang sedang marak). Rasa bangga juga menjadi alasan lain untuk masuk PTN, karena persaingan masuk PTN begitu susahnya. Ada yang bilang, masuk PTN itu karena keberuntungan, karena yang pintar belum tentu bisa diterima di PTN tetapi yang sedang-sedang saja malah bisa. Apakah benar begitu ? Nggak banget lah ya …

Tips dan Trik masuk PTN

Nah… dari awal ya, kita membahasnya. Yang pertama, kita harus paham dulu jenis-jenis perguruan tinggi negeri. Sudah tau belum beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik?  Apa juga itu Ikatan Dinas? Kemudian kita juga kenali jalur-jalur masuk perguruan tinggi negeri, ada jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan ada jalur mandiri. Nah, jika kita ingin masuk PTN tanpa test, maka kita harus mempersiapkannya sejak kelas X. Karena apa? Karena data nilai yang diambil untuk saringan masuk PTN tanpa test adalah nilai dari semester 1 sampai 5.

Selanjutnya kita fokus juga pada program studi (prodi) dan PTN mana yang dituju. Pikirkan mulai dari ketertarikan kita pada mata kuliahnya sampai bidang kerja yang diinginkan di masa datang. Penting juga, selaraskan prodi yang dipilih dengan kemampuan. Jangan sampai kemampuan tidak sesuai dengan prodi yang kita pilih. Bagaimana mengetahuinya? Sering-sering ikut Try Out dan hasilnya kita cocokkan dengan passing grade prodi yang kita pilih. Nah… ketidaksesuaian antara kemampuan dan pilihan inilah yang sering membuat siswa yang merasa pandai tidak diterima di PTN yang diinginkan.

Sebetulnya masih ada tips dan trik lain kalo kita mau fokus masuk PTN, gak bisa terbahas di sini semua. Tapi gak usah panik ya, karena di SMA Islam Terpadu Al Madinah, memberi ruang dan memfasilitasi kamu buat tau itu semua. Ada banyak program penunjang berkaitan dengan pemilihan PTN, diantaranya seperti TEST MINAT DAN BAKAT untuk membantu kita sebetulnya punya kemampuan di bidang apa, kemudian ada program GOES TO CAMPUS di mana kita bisa mengenal berbagai kampus negeri yang ada di Indonesia, ada juga EDUFAIR yaitu kegiatan yang mengundang PTN dan PTS untuk memberikan informasi seluas-luasnya pada calon mahasiswa, bahkan ada talkshow dari beberapa perguruan tinggi terkemuka, ada juga berbagi pengalaman dari alumni, juga bisa konsultasi langsung ke Pak Adya sebagai guru BK. Pokoknya sekolah di sini sesuai dengan mottonya lah ya… bringing you to the future. Semangat terus mengejar cita-cita guys.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *