Kerinduan Para Siswa SMA IT Al-Madinah Belajar di Sekolah

Hampir 7 pekan PPKM ditetapkan, semua sektor terkena dampaknya. Masyarakat dibatasi dalam melakukan aktivitas. Termasuk aktivitas sekolah yang belum beranjak dari pembelajaran daring. Penurunan angka kematian dan kondisi lingkungan yang cukup kondusif selama PPKM membuat pemerintah menurunkan level PPKM ke angka 3. Alhamdulillah hal tersebut menjadi kabar baik bagi semua pihak.

Seiring penurunan level PPKM, Bupati Bogor, Ade Yasin memberikan angin segar di bidang pendidikan tingkat kabupaten. Sekolah diperbolehkan menggelar Pembelajaran Tatatp Muka (PTM), namun harus menyesuaikan dengan aturan PPKM yang berlaku. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Bogor 434/408/Kpts/Per-UU/2021 tentang PPKM Level 3 disebutkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan dikasanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Tentunya kabar ini disambut baik oleh guru, orang tua dan para siswa yang sudah merindukan pembelajaran di sekolah. Akhirnya PTM yang dinantipun tiba. Sebelum menggelar PTM, Kepala Sekolah, dewan guru dan janitor SMA IT Al-Madinah melakukan berbagai persiapan untuk menyamput para siswa. Mulai dari menyiapkan ruangan kelas, lobi, aula dan seluruh ruangan yang ada di sekolah. Menata Kursi dan meja dengan kapasitas 50 persen. Selain itu diadakan sosialisasi PTM Yang dipimpin oleh Waka Kurikulum Ibu Indah Fajar Wati, S.Si melalui zoom meeting.

Rabu, 1 September 2021 hari pertama masuk sekolah. Dari pagi siswa berdatangan memasuki sekolah. Protokol kesehatan COVID-19 dilaksanakan dengan tertib oleh guru dan siswa. Guru piket mengecek suhu tubuh dan mengingatkan siswa untuk mencuci tangan dan menjaga jarak. Para siswa memasuki kelas dengan tertib dan melaksanakan pembiasaan dzikir pagi membaca Al-Matsurat dipandu oleh guru piket dengan pengeras suara.

Pembelajaran di dalam dan di luar ruangan tetap dilaksanakan dengan tertib. Pembelajaran olahraga dilakukan di lapangan belakang TK IT Al-Madinah. Pak Wiwit Kurniawan mengecek suhu para siswa dan menyemprot bola dengan hand sanitizer. Para siswa melakukan gerakan senam sederhana untuk merelaksasikan otot-otot tubuh.

Antusias para siswa dengan digelarnya PTM sangat terlihat dari semangat dan rasa senang yang tampak dari keceriannya mengikuti PTM. Beberapa komentar dari siswa yang sempat ditanyakan oleh Tim Media SMA IT Al-Madinah “Saya sudah nunggu-nunggu masuk sekolah, Bu.” Tutur Kevin siswa kelas XI IPA 1. “Hari pertama masuk sekolah, yes.” Ujar Arya Jati Kusuma Siswa kelas XII IPA.

Melaksanakan PTM dengan protokol yang ketat adalah ihtiar kita bersama untuk tetap tangguh dengan kondisi saat ini. Mari bangkit bersama, untuk kesehatan semua. Menuju Indonesia yang kuat dengan masyarakat yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *